Sosialisasi Layanan HPC Generasi Kedua

(Nurhayati Masthurah, 05-10-2018 16:29:22)

High Performance Computing (HPC) Generasi ke-2 yang dimiliki oleh LIPI telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. HPC LIPI ini dikelola oleh Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI, yang berlokasi di Bandung dan Cibinong. Pada hari Senin, 17 September 2018, P2I LIPI menyelenggarakan Accelerating Big Data Analysis, Machine Learning and Computational Science with HPC@LIPI, di Gedung 10 Komplek LIPI, Jl.Sangkuriang, Bandung.

Sebanyak 83 orang dari berbagai instansi dan universitas hadir dalam acara ini, antusias para peserta cukup besar, hal ini dapat dilihat dari sejak pendaftaran dibuka pada H-3, peserta sudah mencapai 100 orang. Para peserta ini merupakan calon-calon pengguna layanan HPC LIPI, baik itu untuk kepentingan penelitian maupun untuk komersial.

Dr. Rifki Sadikin sebagai Koordinator Kelompok Penelitian HPC, dalam paparannya menerangkan bahwa pengguna (user) HPC itu tidak terbatas kepada internal LIPI saja, tetapi juga terbuka untuk eksternal LIPI (public) dan sektor privat. Kerjasama untuk eksternal LIPI dan sektor privat sangat terbuka luas. Selain itu, Rifki juga memaparkan bagaimana cara mendaftar di http://grid.lipi.go.id/, dan juga menerangkan bagaimana alur persetujuan penggunaan layanan tersebut. Pemanfaatan HPC dalam Machine Learning dijelaskan oleh Rifki dengan sangat rinci, sehingga para calon pengguna dapat memahami alur dan proses komputasi tersebut.

Narasumber lainnya, Andria Arisal dan Dr. Esa Prakasa, memaparkan mengenai penggunaan HPC dalam Big Data Analysis dan Computational Science, serta penggunaan Matlab bagi internal LIPI.

Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan penggunaan HPC LIPI baik dalam bidang penelitian maupun komersial.

 

Latest News

Latest Events