Kajian Teoritis Ikatan Halogen pada beberapa Senyawa Elatol dan Turunannya

1.Abstract

Ikatan Halogen (XB) merupakan salah satu contoh interaksi nonkovalen. Ikatan halogen merupakan interaksi tarik-menarik antara bagian elektropfilik dari atom halogen yang terikat dalam suatu molekul dengan bagian elektrofilik baik dari molekul yang sama maupun dari molekul lain. Penelitian mengenai ikatan halogen baik secara eksperimen maupun teoritis telah banyak dilakukan. Yunxiang Lu et al., (2009) menunjukkan bahwa ikatan halogen yang disasari oleh kekhasan atom-atom halogen sangat berguna dalam design obat, misalnya dalam menginduksi suatu gangguan konformasi yang signifikan. Penelitian lain mengenai ikatan halogen misalnya yang dilakukan oleh Bauza et al.,(2013) mengenai penggunaan metode DFT untuk evaluasi ikatan-ikatan antar molekul yang melibatkan ?-hole menunjukkan bahwa metode DFT tipe M06-2X cukup akurat dalam menghitung energi pada ikatan halogen. Penelitian ini, mempelajari aspek teoritis (komputasi) dari ikatan halogen yang mungkin terjadi diantara molekul senyawa elatol dan turunannya dengan menggunakan metode DFT - b3lYP dan basis set 6-31G(dp). interaksi yang diamati baik anatara molekul senyawa dengan molekul pelarut, maupun dengan molekul fasa diam pada kromatografi. Elatol adalah salah satu senyawa bahan alam yang memiliki kerangka sesquiterpen (Dias et al., 2005). Senyawa ini dapat diisolasi dari alga. Menariknya, salah satu gugus fungsi yang terdapat dalam molekul elatol adalah atom halogen dan gugus alkoksi sehingga sangat mungkin terjadi ikatan halogen baik antar dialam molekul maupun antar molekul elatol.

2.Keywords
Ikatan Halogen, elatoli, komputasi, DFT, B3lyp, Interaksi nonkovalen
3.Objective

1. Menjelaskan bagaimana ikatan halogen terjadi pada beberapa senyawa terbrominasi (elatol, flustramin C dan deformilflustrabromin) dengan molekul pelarut berdasarkan energi interaksi dan geometri stabil dimernya.

2. Menjelaskan kaitan ikatan halogen dengan sifat fisis senyawa.

4.Methodology

Perangkat
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Komputer Kinerja Tinggi (HPC), software Gamess US, dengan metode perhitungan Teori Fungsi Kerapatan (DFT) tipe B-3LYP dan basis set 6-31g (d,p).

Prosedur
Penelitian ini diawali dengan perhitungan penentuan struktur stabil dari masing-masing senyawa dalam bentuk monomer, perhitungan energi dan struktur stabil dimernya dari berbagai kemungkinan posisi, perhitungan koreksi BSSE, perhitungan energi interkasi molekul, dan elaborasi ikatan halogen dengan sifat fisis senyawa.

Ruang lingkup
Fokus penelitian ini adalah menjelaskan secara komputasi bagaimana ikatan halogen terjadi pada beberapa senyawa alkaloid terbrominasi dan kaitannya dengan sifat fisis senyawa. Sifat fisis yang coba dijelaskan dalam penelitian ini misalnya kelarutan senyawa atau perbandingan waktu retensi dari data kromatogram yang ada. Pada pembahasan data kromatogram jika ikatan halogen terjadi antara molekul eluen dengan molekul senyawa, maka senyawa dengan energi interaksi yang lebih rendah akan memiliki waktu retensi lebih singkat dan lebih banyak larut.

5.Team

Pembimbing : Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, Ph.D.
NIP : 196103081988111001
Mahasiswa : Nurul Fajriyah
NIM : 20515042

6.Computation plan (required processor core hours, data storage, software, etc)

2000 CPU Hours, 8 core, Gamess US

7.Source of funding
pribadi
8.Target/outputs
Prosiding / Jurnal Nasional
9.Date of usage
04/05/2017 - 04/07/2017
10.Gpu usage
-
11.Supporting files
12.Created at
03/05/2017
13.Approval status
approved