Implementasi Teori Bloch Umum pada Graphene Nanoribbon melalui Pendekatan Density Functional Theory

1.Abstract

Penerapan teori Bloch umum untuk perhitungan spin stiffness pada graphene nanoribbon merupakan kajian yang menarik terutama untuk mempelajari sifat eksitasi spin wave. Keuntungan dari implementasi teori Bloch umum ini adalah tidak mengunakan perhitungan supercell sehingga perhitungannya akan menjadi efisien. Selain itu, perilaku spin stiffness terhadap doping juga akan dikaji yang akan digunakan untuk memprediksi temperatur Currie.

2.Keywords
graphene nanoribbon, spin stiffness, temperatur Currie
3.Objective

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari masing-masing pengaruh dari luar tersebut terhadap besaran spin stiffness. Hal ini memungkinkan membawa dampak yang lebih lanjut dari besaran temperatur Currie. Apabila kita mengetahui kecenderungan dari spin stiffness akibat pengaruh dari luar tersebut, maka diharapkan bahwa informasi tentang seberapa baik kualitas konfigurasi material dapat diketahui.

4.Methodology

Penelitian ini dilakukan dengan metode komputasi menggunakan perangkat lunak OpenMX, ELK, dan SPR-KKR, yang kesemuanya bersifat open source dan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. OpenMX merupakan package yang tergolong low-cost computation karena hanya elektron valensi saja yang ditinjau dalam pembentukan ikatan kimia. Akan tetapi, kelemahan dari package ini adalah kurang bisa membaca density of state (DOS) pada keadaan eksitasi untuk energi yang jauh dari energi Fermi. Dibandingkan dengan OpenMX, ELK tergolong high-cost computation karena melibatkan semua elektron dalam perhitungan. Namun demikian, package ini sangat cocok untuk membaca density of state (DOS) pada keadaan eksitasi untuk energi yang jauh dari energi Fermi. Untuk SPR-KKR, program ini biasanya diperuntukkan untuk perhitungan interaksi pertukaran yang terjadi antar atom magnetik. Akan tetapi, kami belum bisa memastikan untuk cost computation nya. Kami membutuhkan ketiga perangkat lunak tersebut mengingat fitur-fitur yang dibutuhkan satu sama lain saling melengkapi.
Sebelum melakukan

5.Team

-

6.Computation plan (required processor core hours, data storage, software, etc)

Prosesor: 128 GB
data storage: 1 TB
software: OpenMX, ELK, SPR-KKR

7.Source of funding
-
8.Target/outputs
Jurnal internasional, prosiding internasional, jurnal nasional terakreditasi
9.Date of usage
01/06/2018 - 31/12/2018
10.Gpu usage
-
11.Supporting files
prop_1524534363.pdf
12.Created at
24/04/2018
13.Approval status
approved