Penentuan fungsi respon Single Bonner Sphere Spectrometer dengan detektor keping emas dan indium menggunakan MCNPX

1.Abstract

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pengukuran spektrum neutron yang praktis dan akurat BATAN mengembangkan single Bonner sphere spectrometer (SBSS) dengan detektor foil emas dan indium. Spektrometer neutron SBSS adalah berupa keping emas atau indium sebanyak 37 buah yang ditempatkan pada posisi tertentu di dalam sebuah bola berdiameter 30 cm dari bahan polietilen. Spektrum neutron dapat ditentukan berdasarkan variasi data pengukuran aktivitas keping dan nilai fungsi respon keping. Aktivitas keping dapat diukur menggunakan pencacah beta atau gamma sedangkan fungsi respon harus ditentukan menggunakan metode perhitungan. Salah satu metode perhitungan yang dapat digunakan untuk menentukan fungsi respon adalah Monte Carlo dengan software MCNPX.

2.Keywords
Fungsi respon, SBSS, keping emas dan indium, spektrum neutron, MCNPX
3.Objective

Melakukan penentuan fungsi respon Single Bonner Sphere Spectrometer dengan detektor keping emas dan indium menggunakan MCNPX

4.Methodology

Perhitungan menggunakan MCNPX dilakukan dalam tiga tahap: (1) membuat input MCNPX berupa geometri SBSS dan model sumber radiasi neutron energi 1E-9 � 100 MeV. (2) menjalankan input MCNPX dalam sebuah komputer. (3) ploting data fungsi respon pada sebuah grafik.

5.Team

Rasito

6.Computation plan (required processor core hours, data storage, software, etc)

Akan dilakukan 51 kali running untuk mendapatkan 51 data fungsi respon energi neutron 1E-9 � 100 MeV untuk SBSS keping emas dan 51 kali running untuk keping indium. Untuk mendapatkan 1 data fungsi respon menggunakan komputer kami (2 procesor) diperlukan waktu 12 jam dengan kesalahan statistik 1 %. Oleh karena itu untuk 2 x 51 dibutuhkan waktu 51 hari. Jika dapat menggunakan komputer dengan 34 node (68 procesor) maka diperkirakan butuh waktu 1,5 - 2 hari.

7.Source of funding
BATAN
8.Target/outputs
Data fungsi respon SBSS untuk keping emas dan indium
9.Date of usage
28/12/2015 - 03/01/2016
10.Gpu usage
-
11.Supporting files
12.Created at
21/12/2015
13.Approval status
approved