STUDI KOMPUTASI SIFAT DAN PERILAKU MOLEKUL DIATOMIK PERIODE II DENGAN DAN TANPA ATOM HIDROGEN

1.Abstract

Molekul diatomik merupakan molekul yang sederhana. Namun, pembentukan ikatan antara atom dalam molekul diatomik belum diketahui secara luas. Pembentukan ikatan dalam molekul diatomik memiliki berbagai variasi dalam pembentukan ikatannya, baik membentuk ikatan tunggal, rangkap 2, maupun rangkap . Data ikatan molekul diatomik yang diperoleh dapat sebuah keteraturan tertentu yang dapat menggambarkan pembentukan ikatan pada molekul diatomik yang dibentuk dari atom-atom periode II. Pembentukan ikatan yang terjadi juga berdampak terhadap kereaktifan ikatan tersebut yang dapat diuji dengan reaksi terhadap molekul hidrogen.

2.Keywords
Ikatan, Molekul, Diatomik
3.Objective

Molekul diatomik memiliki orbital molekul yang tersusun dari hasil tumpang tindih (overlapping) dari kedua atom penyusunnya sehingga terbentuk sebuah orbital molekul dengan susunan tertentu. Tiap molekul diatomik memiliki susunan tingkat energi yang berbeda berdasarkan atom penyusunnya yang tentunya memiliki energi yang berbeda-beda.
Kasus yang telah terjadi adalah perbedaan susunan tingkat energi dari orbital-orbital molekul diatomik dengan jumlah elektron valensi ? 14 (seperti molekul C2 dan B2) yang menyusun ikatan ? lebih rendah dibandingkan ikatan ?, sedangkan molekul diatomik dengan jumlah elektron valensi > 14 menyusun ikatan ? lebih rendah dibandingkan ikatan ? (Housecrouft, 2012).
Perbedaan energi dari orbital atom penyusun molekul diatomik menjadikan overlapping orbital pada tiap molekul diatomik akan berbeda sehingga menghasilkan suatu molekul yang memiliki jenis ikatan yang berbeda. Hal ini memengaruhi sifat kimia dari molekul tersebut, salah satunya adalah sifat ikatan ketika berinteraksi dengan molekul hidrogen. Hal inilah yang menjadi sasaran dalam penelitian ini, bagaimana atom-atom penyusun memengaruhi pola ikatan pada molekul diatomik.
Studi komputasi mengenai struktur molekul diatomik masih sangat meluas. Studi ini mencakup metode dalam menentukan panjang ikatan dan jenis ikatan yang berperan dalam molekul diatomik tersebut.

4.Methodology

TDDFT, CASSCF, CASPT2

5.Team

Lukman Hakim
Muhammad A Martoprawiro, M.Sc., Ph.D

6.Computation plan (required processor core hours, data storage, software, etc)

Software Gaussian, 32 core, data storage 32GB,

7.Source of funding
8.Target/outputs
Publication
9.Date of usage
22/03/2016 - 31/03/2017
10.Gpu usage
use gpu
11.Supporting files
prop_1458526805.pdf
12.Created at
21/03/2016
13.Approval status
approved