ISOMERI GEOMETRI SENYAWA 2,4-DIHIDROKSI-3,5,6-TRIMETOKSI CALKON DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

1.Abstract

Calkon merupakan salah satu produk alam yang berlimpah yang terdapat dalam berbagai bahan alam seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, teh dan bahan makanan lainnya. Salah satu jenis senyawa calkon yang ditemukan terdapat di kulit batang tumbuhan Cryptocarya costata. Senyawa isolat yang berhasil diperoleh dari tanaman ini adalah senyawa 2,4-dihidroksi-3,5,6-trimetoksi calkon. Struktur senyawa 2,4-dihidroksi 3,5,6-trimetoksi calkon memiliki isomer geometri cis dan trans. Energi dari masing masing struktur isomer senyawa tersebut belum diketahui dan diteliti, sehingga menarik untuk dikaji. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji isometri geometri dari senyawa tersebut. Metode untuk mengkaji isomer geometri dapat dilakukan dengan menggunakan metode kimia komputasi. Metode komputasi yang digunakan adalah teori kerapatan fungsional. Teori kerapatan fungsional (Density Functional Theory, DFT) dipilih karena memodelkan sistem molekul dengan lebih akurat dan memberikan data dalam tingkat mikroskopik yang berkorelasi signifikan dengan hasil eksperimen laboratorium. Perhitungan energi setiap isomer geometri dilakukan dengan menggunakan software Gaussian 09. Metode yang digunakan adalah metode B3LYP (Becke-style 3-Lee Yang Parr), sedangkan basic set yang diujikan adalah 6-311G.
Aplikasi materi isomer geometri untuk pembelajaran diterapkan dengan menggunakan eXe Learning. Software ini dapat membantu guru dalam dalam menyusun, mengembangkan dan mempublikasikan materi belajar mengajar. Materi isomer geometri dapat divisualisasikan dengan struktur molekul hasil perhitungan metode komputasi dengan software GausView. Hasil penggambaran tersebut berupa animasi yang dapat dijadikan media pembelajaran yang interaktif.

2.Keywords
Calkon, Isomer geometri, Cryptocarya costata, Gaussian, Kimia komputasi, Media pembelajaran, Exe learning.
3.Objective

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji struktur isomer geometri dari senyawa 2,4-dihidroksi-3,5,6-trimetoksi dan untuk mengaplikasikan isomer geometri dengan visualisasi 3 dimensi sebagai media pembelajaran.

4.Methodology

Senyawa 2,4-dihidroksi-3,5,6-trimetoksi calkon di ketiga isomer tersebut. Pada semua tingkat perhitungan dilakukan dengan metode komputasi DFT/B3LYP/6-311G.

5.Team

Nur Amalia A dan Muhamad A. Martoprawiro, Ph.D.

6.Computation plan (required processor core hours, data storage, software, etc)

1. Jumlah Core 32
2. RAM 250GB
3. Software : gaussian, gamess, nwchem

7.Source of funding
Mandiri
8.Target/outputs
Publikasi di ITB
9.Date of usage
24/03/2016 - 31/10/2016
10.Gpu usage
use gpu
11.Supporting files
prop_1458701364.pdf
12.Created at
23/03/2016
13.Approval status
approved